Tempat Wisata Kampung Naga


Pernahkah anda mendengar tentang sejarah kampung naga? Kampung naga merupakan salah satu tempat wisata yang berada di jawa barat atau terletak di salah satu perbatasan dari garut-tasikmalaya. Akan tetapi daerah kampung naga ini termasuk ke kabupaten tasikmalaya. Sebab, berada di wilayah desa Neglasari, Salawu.

Kampung naga ini merupakan sebuah tempat atau lokasi yang dihuni oleh masyarakat disana dengan memiliki adat yang sangat kuat. Yang mana, rata-rata penghuninya itu kebanyakan orang tua yang sudah berumur dan memakai baju adat dahulu. Selain itu, disana juga tidak terlalu banyak anak muda baik laki-laki maupun perempuan.

Mitos mengatakan bahwa apabila ada seorang anak yang terlahir dari orangtua di kampung naga dan mereka telah pindah ke luar kampung naga, maka mereka tidak boleh tinggal di kampung naga. Kecuali jika mereka ingin bersilaturahmi kepada orang tuanya walaupun hanya beberapa jam. 

Bangunan rumah kampung naga di identik dengan rumah jaman dahulu. Dimana setiap rumah itu harus berdampingan dan saling berhadapan. Selain itu, bahan genting yang digunakan bukanlah terbuat dari tanah ataupun lainnya. Akan tetapi, menggunakan bahan dari (kata orang sunda kararas). Dan semua bangunan terbuat dari kayu dan bambu. Disana tidak ada satu rumah pun berbentuk rumah gedung. Sedangkan untuk pintu, semua rumah hanya dimiliki satu pintu saja. Sehingga mereka akan mengetahui siapa yang masuk dan keluar rumah.

Kampung naga ini memiliki keindahan yang sangat bagus dan udaranya sangat sejuk. Apalagi sawah-sawahnya itu terlihat lebih menari sebagaimana kualitas tanaman padi sangat bagus. Namun, apabila anda seseorang yang berwisata ke kampung naga, mereka boleh bermain kesana. Tetapi ada beberapa larangan yang tidak boleh dikunjungi. Misalnya tidak boleh keluar dari batas yang sudah ditentukan. Jika ada orang yang melanggar perbatasan tersebut, maka orang tersebut tidak akan kembali alias hilang. Selain itu, tidak boleh masuk ke hutan. Mitos mengatakan bahwa bila mereka masuk ke dalam hutan tersebut, maka mereka juga tidak akan kembali lagi seperti halnya.

Itulah sala satu sejarah atau tempat wisata kampung naga yang terletak di jalan perbatasan tasikmalaya dan garut. Atau tepatnya di desa Negalasari, Salawu, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Untuk anda yang ingin berwisata atau penasaran dengan keindahan kampung naga, anda bisa datang saja langsung ke tempat lokasi yang sudah sampaikan diatas. Pastinya anda akan mengetahui tempat lokasi dan masyarakat disana. Dengan demkian, apabila anda orang luar pulau jawa dan ingin berlibur ke kampung naga, anda bisa menggunakan transportasi kapal udara ke kota Bandung. Kemudian, anda bisa naik bisa yang berjurusan Bandung-tasikmalaya via singaparna.

0 Response to "Tempat Wisata Kampung Naga"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel