Bandara Juanda Surabaya Jawa Timur



Bandara Juanda Surabaya Jawa Timur,  Selain Bandara Abdul Rachman Saleh di Malang, tahukah anda , bahwa di Jawa Timur ada juga Bandara Terbesar yaitu Juanda Air Port, Bandara ini adalah bandara kebanggaan masyarakat Jawa timur, karena selain bagus, bandara yang terletak di Sedati, Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur ini mempunyai sistem pengamanan yang ekstra ketat, Bandara Internasional yang lokasinya berjarak 20 KM dari arah selatan kota Surabaya ini , pengoperasiannya dipegang oleh PT. Angkasa Pura 1.


Bandara Internasional  Juanda ini menjadi Gerbang Utama Transportasi Internasional yang memasuki wilayah Jawa Timur, tak heran jika bandara ini mempunyai luas landasan yang sepanjang 3.000 meter, dilengkapi dengan lokasi parkir yang bisa menampung bahkan lebih dari 3.000 kendaraan, dengan luas 28.900 m², Bandara Juanda memiliki luas dua kali lipat dibanding dengan luas awal yaitu, 51.500 m² sementara yang lama 28.088 m², dengan demikian , diperkirakan bahwa Bandara ini mampu menampung lebih dari 8 juta jiwa penumpang , dan dalam pertahunnya 120.000 ton barang, sungguh suatu hal yang patut diapresiasi.


Bandara Internasional Juanda Sendiri dahulu merupakan pangkalan TNI AL (Angkatan Laut) , kemudian berkembang dan mulai melayani jalur penerbangan sipil, karena perkembangan yang begitu pesat, sehingga akhirnya dialihkan dari Departemen Hankam yang beralih ke Departemen Perhubungan, yang akhirnya di pegang oleh Perum Angkasa Pura I, berikut adalah sejarah dimana berdirinya Bandara Juanda Surabaya.


  • Pada Tanggal 07 Februari 1964 : diresmikan sebagai Pangkalan Udara TNI AL (Angkatan Laut)
  • Pada Tanggal 07 Desember 1981: Pengelolaan penerbangan sipil diserah terimakan dari Departemen Hankam kepada Departemen Perhubungan.
  •  Pada Tanggal 01 Januari 1985 : Pengelolaan Bandara Juanda diserahkan ke PT. Angkasa Pura I.
  •  Pada Tanggal 12 Desember 1987 : dibuka penerbangan internasional ke Singapura, Hongkong, Taipei dan Manila via Jakarta.
  •  Pada Tanggal 24 Desember 1990: penerbangan Internasional langsung. Peresmian Terminal Penumpang Internasional.
  •  Pada Tanggal 01 sampai dengan  15 Nopember 2006 : rencana pemindahan dan pengoperasian terminal baru di sisi utara landasan pacu.
  •  Pada Tanggal 15 Nopember 2006 : awal pengoperasian Terminal baru sisi utara landasan pacu yang diresmikan langsung oleh Bapak Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyon

0 Response to "Bandara Juanda Surabaya Jawa Timur"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel