Kenapa Bandara Internasioanl Ini dinamakan Mozes Kilangin, Begini Asal Usulnya


Asal Usul Nama Bandra Internasional Mozes Kilangin Timika

Bandara Mozes Kilangin diresmikan pada tanggal 18 Juli 2008 oleh Mentri perhubungan Jusman Syafii Jamal pada masanya kala itu. Ini merupakan Bandra Internasional pertama di Timika Mimika.

Ukuran lapangan Bandara Mozes Kilangin ini tidaklah terlalu lebar akan tetapi punya landasan pacu yang cukup panjang sekitar 2.935 meter  dengan ukuran lebar kurang lebih 45 – 55 meter.

Sebab ini menjadi alasan Bandra Mozes Kilangin dijadikan Bandara tipe Internasioanl karena memenuhi kualifikasi sebagai bandara berstatus Go Internasional.

Namun demikian meskipun Bandara ini berstatus Internasioanal namun aktivitas penerbangan tidak sepadat seperti bandara pada umumnya. Paling banyak dalam satu hari hanya sekitar 3-5 penerbangan(antar kota/propinsi yang keluar dari wilayah Timika).



Namun untuk penerbangan antar kabupaten/daerah di Papua bisa dibilang cukup padat. Perlu diketahui di daerah papua, kalau hendak bepergian ke luar kabupaten(antar kabupaten atau propinsi wilayah papua), transportasinya hanya ada 2 jenis kalau tidak laut ya udara. Sementara ini jalan darat yang tembus antar kabupaten belum selesai, masih dalam tahap pengerjaan.

Untuk penerbangan keluar Papua  Cuma ada 3-4 maskapi besar, seperti Garuda, Sriwijaya dan Air fast. Dulu ada Merpati Air tapi sebab bangkrut sekarang sudah tidak ada.

Kemudian untuk yang Internasioanl setahu saya waktu itu hanya dubukan 1 rute saja yakni Timika-Australia dan beroperasi hanya 2-4 kali dalam 1 bulan, untuk  status sekarang masih belum tahu (belum tanya pihak Bandara). Jarak tempuh dari Timika ke Australia hanya butuh waktu sekitar 2 jam saja berbeda dengan dari Timika ke Jawa misal jogjakarta, ini membutuhkan waktu hingga 4-5 jam perjalanan.

Selain maskapai besar seperti garuda dan lainnya(diatas), ada juga beberapa pesawat perintis yang melayani penerbangan antar kota kabupaten, seperti Trigana (yang baru-baru ini kena musibah), Amax, Avia Stars, Susi air dan Beberapa lainnya.

Setelah berbincang cukup panjang kita kembali ke tujuan maksud utamanya yaitu asal usul bandara Internasioanl. Kenapa Bandara ini diberi nama Mozes Kilangin?, menurut cerita sebagian masyarakat adat bahwa nama Mozes Kilangin itu diambila dari nama seorang guru pertama yang bertugas di suku Amungme, suku amungme menguasai atau mendiami dataran sekitar kota Timika.

Mozes Kilangin adalah seorang Guru Ambon pertama yang mengenyam pendidikan diluar negeri yaitu di Belanda, selesai pendidikan lalu ia bertugas sebagai pejabat penerintahan. Oleh karena itu Nama Mozes Kilangin dijadikan lambang kebanggaan masyarakat Timika terutama buat warga suku Amungme.

Nama Kilangin adalah nama marga suku Amungme. Simak juga: Daftar Nama dan Alamat Hotel di Timika Mimika Papua Baca juga: Bandara Internasioanl Soekarno Hatta .Semoga bermanfaat. 

4 Responses to "Kenapa Bandara Internasioanl Ini dinamakan Mozes Kilangin, Begini Asal Usulnya"

Djangkaru Bumi said...

Ternyata nama orang. Hebat ya, orang lulusan luar negri mau mengabdi didaerahnya atau negaranya sendiri. Ah paling kan cuma dapat gaji yang cukup beli sekarung beras, kalau dia mau mengajar di negara tetangga pasti sudah dapat sekarung berlian.

Mangadul Ganteng said...

nama orang ya dan nama suku. emang sih tiap daerah memiliki nama khusu atau khas tersendiri, itulah indonesia.
kalo dari sunda mungkin ujang bandara . hehehe

DedyAkas Website said...

Wah... ternyata terdapat cerita yang menarik di balik bandara Mozes Kilangin ini... :D

katon sumargi said...

Oh,,, Ternyata nama orang to,,, baru tahu nih, berarti seperti nama nama daerah lain yang ada di indonesia yah,,, Ada sejarahnya. Hmmmm,,,